Demam Pada Bayi

Wajar jika mom panik ketika badan bayi panas. Saat bayi terkena demam, mom harus siap dengan segala kemungkinan dan membawanya ke dokter jika perlu. Berikut adalah hal yang mom perlu ketahui mengenai demam pada bayi.

Demam Pada Bayi

Related image

Photo from Bundoo

Suhu 38 ° Celcius atau lebih tinggi bukanlah suhu tubuh normal untuk bayi. Suhu tersebut mengindikasikan bayi demam.

Demam sendiri sebenarnya merupakan pertanda bahwa tubuh bayi sedang melawan penyakit. Demam bisa dianggap menjadi bukti bahwa sistem kekebalan tubuh bekerja dengan baik. Dengan kata lain, kinerja tubuh bayi mom normal.

Gejala Demam

Salah satu gejala utama demam bayi adalah panas. Karena bayi tidak dapat memberi tahu mom saat dia sedang tidak enak badan atau merasa demam, ada baiknya memperhatikan perilakunya. Ketika bayi demam, bayi akan menyusu lebih sedikit. Bayi juga bisa jadi sering tidur terus atau kebalikkannya jarang tidur dan rewel.

Mom harus sangat hati-hati dan waspada pada gejala demam pada bayi yang baru lahir. Karena pada bayi yang umurnya kurang dari 3 bulan, demam bisa menjadi penyakit yang berbahaya.

Cara Mengukur Suhu Bayi

Photo by Systemic Autoinflammatory Disease (SAID) Support

Menurut para ahli, cara untuk mengukur suhu bayi baru lahir dengan akurat adalah dengan menggunakan termometer anus. Bagian tersebut dinilai lebih akurat dibandingkan mulut, ketiak, atau telinga.

Sebelum mengukur suhu tubuh, Anda harus memastikan termometer yang digunakan bersih. Sebelum dipakai, cuci termometer menggunakan sabun dan bilas dengan air. Tempatkan bayi di atas meja ganti, oleskan sedikit petroleum jelly di ujung termometer dan masukkan termometer sekitar 1-2 cm ke bagian anus bayi sampai berbunyi bip. Kemudian lepas termometer. Berikut adalah bagan suhu normal bayi.

Normal body temperature for babies chart

Photo: Megan Rubey

Mengapa Bayi Bisa Demam ?

Image result for fever baby

MomJunction

Bayi bisa saja tiba-tiba demam entah dari mana, tetapi biasanya penyebab demam pada bayi cenderung spesifik. Bisa disebabkan penyakit lain seperti infeksi saluran kemih, infeksi telinga, atau infeksi lain yang lebih umum dapat menjadi penyebabnya.

Namun, kadang-kadang, bisa jadi demam bayi disebabkan karena kondisi luar yang terlalu panas. Jika bayi terlalu dibendong, itu bisa membuatnya suhu badannya meningkat. Jika bayi dibendong, memiliki suhu tubuh yang agak tinggi, tetapi terlihat baik-baik saja, coba lepas dahulu bendongnya dan biarkan selama 15 menit. Jika setelah dilepas bayi tampak baik-baik saja, maka mom tidak perlu terlalu khawatir, namun tetap perhatikan perkembangan kesehatan bayi.

Perlu diingat bahwa vaksin kadang-kadang dapat menyebabkan demam ringan pada bayi. Jika bayi kurang dari 3 bulan, membawanya ke dokter merupakan salah satu solusi terbaik dibandingkan mengambil resiko.

Apakah Bayi Mendapatkan Demam Karena Tumbuh Gigi?

Image result for baby teeth

Photo: Living and Loving

Jika gejala demam bayi tampaknya terkait dengan tumbuh gigi, ngiler, dan gusi bengkak, bisa jadi tumbuh gigi menjadi penyebab demam pada bayi.

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Bayi Demam ?

baby eat medicine

Photo: BabyCenter

Berikut adalah beberapa hal yang dapat mom lakukan jika bayi Anda demam di tengah malam. Beberapa teknik pengobatan rumah juga bisa efektif mengurangi demam pada bayi.

1. Berikan Obat Pereda Demam

Tentu saja obat harus dengan persetujuan dokter. Jika bayi di bawah 6 bulan mengalami demam, segera hubungi dokter Anda sebelum memberikan obat demam untuk bayi seperti Tylenol. Dokter Anda mungkin ingin memeriksa bayi secara langsung untuk mencari tahu mengapa ia sakit dan demam. Misalnya, jika infeksi telinga, bayi akan membutuhkan antibiotik. Dokter anak Anda juga ingin tahu persis berapa berat bayi pada saat itu sehingga ia dapat meresepkan dosis yang benar. Jika bayi berusia di atas 6 bulan, Anda dapat memberikan obat pereda demam bayi tanpa berkonsultasi dengan dokter Anda.

2. Pastikan Bayi Tidak Dehidrasi

Ketika bayi mengalami demam, menjaganya agar tetap terhidrasi dengan ASI atau susu formula sangat penting.

3. Lap Badan Bayi dengan Handuk. Ini adalah salah satu solusi rumah paling efektif untuk demam bayi. Daripada memberikan bayi mandi penuh, cukup lapkan handuk basah yang sudah direndam air panas untuk menenangkannya. Jangan gunakan air dingin, karena air dingin bisa membuat badan bayi mengigil dan malah membuat demamnya semakin memburuk.

Kapan Harus Pergi Ke Dokter ?

baby go to doctor

Photo: baby center

AAP membagi kasus ini berdasarkan usia dan suhu tubuh bayi. Mereka juga merekomendasikan kapan sebaiknya Anda membawa bayi yang demam ke dokter:

  1. Di bawah 3 bulan: Jika suhu bayi yang baru lahir 38° Celcius atau lebih tinggi harus segera diperiksa oleh dokter karena, infeksi dapat menyebar dengan cepat pada bayi. Bayi yang baru lahir belum memiliki kekebalan seperti yang dimiliki bayi yang lebih tua sehingga mereka bisa sakit sangat cepat. Oleh karena itu langsung bawa bayi ke dokter.
  2. 3 hingga 6 bulan: Di usia ini suhu yang mengkahwatirkan adalah 38.8° Celcius atau lebih tinggi. Bayi pada usia ini lebih mampu mengatasi demam, namun tetap, jangan mengobati sendiri dengan Tylenol. Sebaliknya, hubungi dokter Anda untuk mendiskusikan perawatan demam. Juga, jika suhu bayi berlangsung lebih dari beberapa hari atau ada tanda-tanda lain yang mengkhawatirkan, seperti bayi tidak mau minum, bersikap tidak seperti biasanya, menangis, atau muntah, segera hubungi dokter anak Anda.
  3. 6 bulan ke atas: Jika bayi mengalami demam pada usia ini, bisa disebebkan karena bayi sedang tumbuh gigi, atau bisa juga karena infeksi telinga dan infeksi saluran pernapasan. Di usia ini mom boleh memberi Tylenol tanpa berkonsultasi dengan dokter. Namun, jika demam bayi berlanjutan atau bayi menarik-narik telinganya, segera bawa ke dokter. Pada usia ini, mom lebih harus memperhatikan berapa hari demam itu berlangsung dan gejala-gejala lain yang dialami bayi. Seperti apakah bayi batuk, muntah, bagaimana pola tidurnya, apakah tidak mau minum. Jika bayi tampak baik-baik saja, amati suhu selama beberapa hari. Tetapi jika demam berlangsung lebih dari 3 hari, sebaiknya segera bawa ke dokter.

Note: Berapapun usianya, hubungi dokter anak segera jika bayi terlihat lemas, ada perubahan warna kulit atau pernapasannya lebih lambat atau lebih cepat dari biasanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *