11 Hal yang Harus Anda Hindari Saat Berusaha Hamil

Mom mungkin sudah merasa tidak sabar menanti datangnya buah hati. Untungnya ada beberapa cara untuk membantu meningkatkan peluang mom untuk hamil. Di sini, kami akan menjelaskan 11 makanan, aktivitas, dan kebiasaan yang harus mom hindari ketika mencoba mendapatkan buah hati.

1. Merokok

smoking

photo: fortune

Hindari rokok sebelum mom hamil. Menurut American Society for Reproductive Medicine, butuh waktu lebih lama bagi perokok untuk hamil, karena merokok akan membuat sel telur pada wanita lebih rentan terhadap kelainan genetik. Merokok juga meningkatkan risiko keguguran. Faktanya, kebiasaan itu menimbulkan begitu banyak masalah pada kesuburan wanita, sehingga perokok wanita yang melakukan fertilisasi in-vitro harus mencobanya hampir dua kali lebih keras dari wanita yang tidak merokok untuk dapat hamil. Pasangan mom juga harus berhenti merokok karena penelitian menunjukkan bahwa pria yang merokok memiliki jumlah serta kecepatan berenang sperma yang lebih rendah, dan lebih banyak memiliki kelainan pada sperma mereka.

2. Minum Terlalu Banyak Kafein

kafein

Photo: The Bump

Tenang mom tidak harus berhenti minum kopi. Faktanya, sebuah penelitian telah menyimpulkan bahwa mengonsumsi kafein hingga 200 mg dalam sehari tampaknya tidak mempengaruhi kesuburan atau risiko kehilangan kehamilan dini. Namun, para ahli menyarankan untuk membatasi 200 miligram — yang berarti membatasi konsumsi kafein menjadi sekitar 12 ons kopi sehari, tergantung pada jenis kopi dan berapa banyak kafein yang ada di dalamnya. Selain itu, jika mom tidak ingin merasa terbebani pada saat hamil ada baiknya kurangi konsumsi kopi mulai dari sekarang, hal ini dikarenakan kafein dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung mom dan bayi, menyebabkan dehidrasi, dan apabila mengonsumsi kafein dalam jumlah sangat besar, hal itu dapat membuat bayi kecanduan kafein ketika mereka lahir

3. Mengkonsumsi Alkohol

Hasil gambar untuk pregnancy and alcohol

photo: Ascert

Saat mom mencoba untuk program hamil, usahakan untuk menghindari alkohol. Karena minum alkohol dapat dikaitkan dengan tidak teraturnya siklus menstruasi pada wanita, kurangnya ovulasi, dan kadar estrogen dan progesteron yang abnormal, dan hal itu dapat membuat wanita lebih sulit untuk hamil. Ditambah, jika mom mengukur suhu basal tubuh mom, pengaruh alkohol tentunya dapat membuatnya sulit untuk mendapatkan suhu yang akurat.

Mengkonsumsi alkohol di awal kehamilan saat mom bahkan belum menyadari bahwa mom sedang hamil dapat berisiko tinggi pada bayi. Selain itu cobalah meminta pasangan mom untuk membatasi asupan alkoholnya, karena mengkonsumsi alkohol dapat menurunkan kualitas sperma.

4. Berat Badan Ekstrim

berat badan selama kehamilan

Photo: Golden Gate OBGYN

Terlalu kurus maupun terlalu gemuk mempersulit mom untuk hamil. Hitung indeks massa tubuh Anda (BMI) sekarang. Memiliki BMI yang rendah (18,5 atau kurang) atau BMI yang sangat tinggi (lebih dari 30) dapat menyebabkan mom mengalami menstruasi yang tidak teratur atau terlewat, dan apabila tubuh mom sangat kurus, hal itu dapat membuat rahim mom berhenti untuk berovulasi sama sekali. Sedangakan obesitas pada wanita hamil dapat meningkatkan risiko komplikasi kehamilan seperti diabetes gestasional, preeklampsia, cacat lahir dan kebutuhan operasi caesar. Jadi, penting untuk memiliki berat badan yang sehat ketika mom mencoba untuk hamil.

Jika mom termasuk dalam salah satu dari kategori ini, bicarakan dengan dokter cara mendapatkan berat badan yang sehat. Mom tentunya harus mengkonsumsi makanan yang sesuai, mendapatkan banyak nutrisi, berolahraga dan minum banyak air. Seringkali, bahkan pertambahan atau penurunan berat badan yang kecil sudah cukup untuk membuat tubuh mom siap untuk hamil, selama sehat, itu bukan masalah.

5. Kurang Mengkonsumsi Sayuran

pregnancy and vegetable

Photo: Saloni Health & Beauty Supply

Para ahli tidak yakin makanan apa yang benar-benar membuat mom lebih subur, tetapi ada satu hal yang disetujui para ahli: jika tubuh mom dalam keadaan sehat, mom lebih mungkin untuk hamil, jadi makan makanan yang benar dan sehat adalah hal yang sangat penting. Alasan penting lainnya adalah untuk mengatakan ‘tidak’ pada gorengan dan ‘ya’ pada sayur bayam adalah asam folat. Vitamin B ini ditemukan dalam sayuran hijau dan penting untuk tubuh mom sebelum dan sesudah pembuahan untuk mencegah cacat lahir. Dokter juga menyarankan mom bisa mengonsumsi vitamin setidaknya 400 mikrogram asam folat saat mom sedang berusaha untuk program kehamilan.

6. Mengabaikan Kesehatan Gigi

Photo: Gables Sedation Dentistry

Jika mom selama ini kurang memperhatikan kesehatan gigi, sekarang saatnya untuk kembali ke jalur yang benar dan buatlah janji dengan dokter gigi. Mom harus punya  gigi yang sehat sebelum hamil. Kebersihan mulut yang buruk juga dapat memengaruhi jumlah sperma pria, dan jika mom menderita penyakit gusi, itu bisa meningkatkan risiko bayi yang lahir secara prematur dan berat badan bayi rendah saat lahir.

7. Malas Bergerak

Photo: Couch Potato News

Selalu mencari alasan untuk tidak berolahraga? Berhentilah segera! Salah satu studi menemukan bahwa melakukan aktivitas fisik yang giat dan teratur — seperti jalan cepat, bersepeda santai, dan berkebun dapat mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan wanita untuk hamil.

8. Olahraga Terlalu Berat

Photo: Learn English Easy

Rajin berolahraga dapat memudahkan wanita untuk hamil, namun berolahraga secara berlebihan juga memiliki efek yang kurang baik. Ini bukan berarti mom harus berhenti berolahraga, tetapi jika berolahraga sampai mengganggu siklus menstruasi mom, seperti yang dialami beberapa pelari maraton dan pesenam, hal tersebut berimbas pada kesuburan.

9. BPA

Hasil gambar untuk bpa

Photo: BottleStore.com

Mom harus melihat dengan saksama terbuat dari apa botol air mom. BPA, alias bisphenol A, adalah bahan kimia yang ditemukan di beberapa barang plastik, seperti botol air, wadah makanan dan bahkan di lapisan kaleng aluminium. Beberapa studi telah mengarahkan para ilmuwan untuk percaya bahwa kandungan BPA yang tinggi dapat mengacaukan kesuburan pria dan wanita, hal itu berpotensi menurunkan jumlah sperma atau mengurangi jumlah sel telur yang layak pada wanita. Batasi penggunaan BPA mom dengan menghindari makanan kaleng dan menghindari mengkonsumsi apa pun dari wadah plastik dengan nomor daur ulang 3 atau 7 di atasnya (biasanya di bagian bawah wadah).

10. Stres / Depresi

stress during pregnancy

Photo: Kittymoms.com

Semua orang pasti pernah mengalami stres. Stres kronis dapat mempengaruhi sistem reproduksi. Salah satu penelitian menemukan bahwa wanita dengan tingkat stres yang lebih tinggi memiliki risiko infertilitas dua kali lipat lebih tinggi. Sulit hamil dapat menyebabkan sedikit stres. Jadi, jika mom merasa bahwa tingkat stres mom sudah mempengaruhi kesehatan dan kemampuan mom untuk hamil, bicarakan dengan dokter tentang cara untuk mengatasinya. Beberapa studi telah menemukan bahwa beberapa aktifitas, seperti yoga dan akupunktur, dapat meredakan stres.

11. Ikan Dengan Mercury Tinggi

swordfish

Photo: Wikipedia

Beberapa ikan memiliki merkuri lebih tinggi dari yang lain — terutama marlin, oranye kasar, tilefish, swordfish, hiu, king mackerel dan bigeye tuna. Tingginya kadar merkuri dalam darah telah dikaitkan dengan masalah kesuburan pada pria dan wanita. Selain itu, merkuri dapat berada tetap di tubuh mom selama satu tahun atau bahkan lebih, dan hal itu dapat membahayakan perkembangan otak dan sistem saraf janin. Jadi dengan menghindarinya, hal itu akan meningkatkan peluang mom untuk mendapatkan kehamilan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *