14 Tanda Awal Kehamilan

Saat melakukan program kehamilan, mungkin mom akan merasa tak sabar menantikan dua garis merah di alat tes kehamilan. Pada umumnya mom sudah tahu bahwa terlambat haid merupakan salah satu gejala kehamilan. Namun teryata ada banyak tanda-tanda lain yang menunjukkan bahwa mom hamil. Apa sajakah tanda-tanda berikut ? Disini akan dijelaskan apa saja gejala umum yang terjadi saat awal kehamilan dimulai.

Kapan Gejala Kehamilan Muncul?

Woman with positive pregnancy test

Tidak ada aturan yang pasti kapan gejala awal kehamilan muncul. Beberapa Ibu hamil mungkin mulai merasakan tanda-tanda awal kehamilan pada minggu pertama atau dua minggu setelah pembuahan terjadi, sementara yang lainnya kemungkinan akan mulai merasakan gejala awal kehamilan pada minggu ke empat atau lima minggu setelah pembuahan, seperti ketika mom terlambat menstruasi, atau bahkan saat masa kehamilan sudah lebih dari beberapa minggu. Menurut sebuah penelitian yang terbit dalam Journal of Clinical Epidemiology menyatakan bahwa, sebagian besar Ibu hamil (59%) mengalami gejala saat masa kehamilan pada minggu kelima atau keenam mereka, sementara 71% diantaranya mengalami gejala pada akhir minggu ke enam dan 89% pada minggu ke delapan.

JIka Anda mulai merasakan gejala awal kehamilan dengan cepat ataupun terlambat, jangan khawatir. Menurut Michele Justice, MD. seorang spesialis kandungan di Rumah Sakit Inova Loudoun di Leesburg, Virginia menyatakan bahwa, “Semua wanita itu memiliki  masa kehamilan yang berbeda dan masing-masing tentunya tidak mengalami gejala kehamilan yang sama,” Ia juga menambahkan, “kehamilan yang kedua bisa berbeda dari kehamilan yang pertama.” Dan tentu saja, mom harus ingat bahwa mengalami sebuah gejala awal kehamilan bukan petunjuk pasti bahwa mom sudah benar-benar hamil. Menurut Michele Justice, cara yang terbaik saat Anda berpikir bahwa Anda kemungkinan sedang hamil adalah melakukan sebuah tes kehamilan. Berikut adalah tanda-tanda yang mungkin muncul.

1. Nyeri pada payudara

nyeri payudara

photo: Aviva Romm

Apakah payudara Anda terasa nyeri dan bengkak? Jika hal itu terjadi, ada kemungkinan Anda sedang dalam siklus awal kehamilan. Payudara dan puting yang sakit sering kali merupakan salah satu tanda awal kehamilan yang dialami wanita. Sayangnya, banyak juga wanita yang mengalami rasa sakit ini sebagai bagian dari sebuah siklus menstruasi, sehingga sulit membedakan apakah itu nyeri payudara sebelum menstruasi atau tanda awal kehamilan. Tapi ada  perbedaan utama diantara keduanya: Dalam kehamilan, nyeri tidak dapat hilang seperti halnya saat PMS. Sebaliknya, sensasi yang menyakitkan dan menggelitik pada payudara cenderung akan lebih terasa seiring berjalannya waktu, dan gejala ini sering dirasakan sekitar akhir trimester pertama.

Mengapa hal itu terjadi?

Selama awal kehamilan, kadar hormon estrogen dan progesterone pada Ibu hamil meningkat, hal inilah yang menyebabkan adanya peningkatan aliran darah ke payudara Anda. Hormon-hormon ini juga menjadi alasan mengapa beberapa wanita mengalami nyeri payudara saat masa ovulasi atau PMS — tetapi dalam kasus itu, hormon-hormon tersebut akan mulai menurun ketika Anda semakin dekat dengan siklus menstruasi Anda, dan rasa nyeri pada payudara juga akan mereda. Namun sebaliknya Jika Anda hamil, kadar hormon Anda akan naik dan payudara Anda akan lebih terasa nyeri.

Apakah itu umum terjadi?

Jangan khawatir, Anda bukan satu-satunya yang mengalami nyeri payudara — itu adalah salah satu gejala awal kehamilan yang paling umum. Bagi banyak wanita, gejala ini akan berlangsung hanya seminggu atau lebih, namun tidak dipungkiri bahwa ada juga yang mengalami tingkatan nyeri payudara selama kehamilan mereka.

Apa yang harus anda lakukan?

Pakailah bra yang meringankan rasa tidak nyaman dari gejala kehamilan ini. Dan gunakan kompres hangat atau dingin jika payudara Anda menjadi sangat tidak nyaman.

2. Penggelapan Areola

DARKENING AREOLAS

Photo: Medical News Today

Areola merupakan area di sekitar puting susu — Areola Anda dapat tampak lebih gelap dan lebih besar sejak satu atau dua minggu setelah pembuahan, dan hal ini merupakan salah satu gejala awal kehamilan yang lebih sering terjadi. Jika Anda perhatikan dengan seksama, Anda akan melihat bahwa pembuluh darah di payudara Anda juga lebih terlihat. Anda juga mungkin melihat tonjolan kecil yang muncul di sekitar tepi Areola, tonjolan tersebut adalah Montgomery Tubercles, dirancang untuk membantu melumasi puting Anda begitu bayi siap untuk menyusui.

Mengapa itu terjadi?

Seperti tanda-tanda awal kehamilan lainya, Areola dan vena yang mengalami penggelapan merupakan hasil dari peningkatan hormon kehamilan, yaitu Human Chorionic Gonadotropin, atau hCG. Tetapi sementara peningkatan hCG yang dramatis bertanggung jawab atas banyaknya gejala awal kehamilan, dan hal ini tampaknya juga memengaruhi gejala paling awal pada payudara Anda.

Apakah itu umum terjadi?

Areola dan vena yang terlihat lebih gelap mungkin akan menjadi salah satu tanda awal kehamilan yang bisa Anda sadari, dan keduanya sangat umum terjadi. Dan bukan hanya itu, Areola Anda mungkin terus tumbuh dan warnanya semakin gelap seiring masa kehamilan Anda berlangsung. Terkadang perubahan pada Areola itu dapat permanen, terkadang juga tidak.

Apa yang harus anda lakukan?

Tidak seperti gejala kehamilan lainnya, gejala yang satu ini membutuhkan kesabaran karena tidak ada yang dapat dilakukan untuk menanganinya. Namun, warna putting susu yang lebih gelap seharusnya tidak perlu dikhawatirkan — hal itu adalah bagian dari pengalaman kehamilan dan tentunya tidak berbahaya. Puting Anda mungkin jauh lebih lembut sekarang, terutama ketika Anda kedinginan atau ada yang menggeseknya. Kompres dengan air hangat dan mengenakan bra katun yang ringan dan lembut mungkin dapat membantu.

3. Kram

pregnancy CRAMPING

Photo: DiseasesPictures.com

Mirip dengan payudara yang sakit, kram adalah salah satu tanda awal kehamilan. Namun, kram ini seharusnya tidak terlalu parah, jadi segera hubungi dokter Anda jika Anda merasa kram sangat sakit, sakit hanya terdapat di satu sisi, atau jika Anda mengalami pendarahan dan kram di luar periode menstruasi Anda.

Mengapa itu terjadi?

Kadang-kadang sulit untuk membedakan antara gejala awal kehamilan dan tanda-tanda bahwa Anda akan menstruasi, terutama ketika kram. Tetapi meskipun mereka mirip, kram dalam kehamilan dan kram dalam menstruasi disebabkan oleh hal-hal yang berbeda. Kram yang terjadi selama awal kehamilan berasal dari peningkatan aliran darah ke rahim, sedangkan kram sebelum haid disebabkan oleh peningkatan Prostaglandin yang membantu rahim untuk melepaskan lapisannya.

Apakah itu umum terjadi?

Sebagian besar wanita mengalami setidaknya beberapa kram selama kehamilan mereka. Ingatlah untuk menghubungi dokter jika mom merasa khawatir atau gejala kram menjadi lebih parah.

Apa yang harus Anda lakukan?

Jika mom mengalami kram, jangan panik. Banyak Ibu hamil yang langsung takut keguguran, tetapi kram ringan sebenarnya adalah hal yang normal pada awal kehamilan.

4. Bercak Darah

bercak darah selama kehamilan

Photo: Bite of Health

Mom memiliki bercak merah muda atau coklat muda sekitar seminggu sebelum menstruasi tiba? Jika mom bertanya-tanya, “bisakah perdarahan menjadi pertanda kehamilan?” Jawabannya adalah ya. Bisa jadi itu yang disebut pendarahan implantasi, salah satu tanda awal kehamilan. Gejala ini terjadi 6 hingga 12 hari setelah pembuahan, ketika sel telur yang telah dibuahi masuk jauh ke dalam lapisan rahim Anda, dan hal ini menyebabkan sedikit iritasi ringan. Ketika gejala itu terjadi, hal itu dapat dianggap sebagai permulaan menstruasi padahal itu merupakan salah satu dari gejala awal kehamilan. Mom mungkin tidak tahu bahwa pendarahan tidak teratur yang mom alami adalah pendarahan implantasi sampai mom melihat hasil tes kehamilan positif.

Beberapa hari setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi akan bergerak ke saluran tuba dan mengendap di rahim. Di sana, sel telur akan menempel pada dinding rahim Anda. Karena lapisan rahim Anda kaya dengan darah, bercak kecil dapat sering terjadi dan hal ini tidak perlu Anda khawatirkan.

Apakah itu umum terjadi?

Tanda awal kehamilan dengan gejala implantasi terjadi pada sekitar 25% wanita, mom mungkin akan mengalaminya. Ingat, setiap wanita unik dan akan mengalami gejala kehamilan yang berbeda.

Apa yang harus Anda lakukan?

Ini bisa menjadi pertanda baik! Pastikan untuk melakukan tes kehamilan jika menstruasi Anda terlambat dan juga untuk menentukan apakah bercak Anda benar-benar merupakan tanda awal kehamilan atau tidak. Jika ternyata Anda belum hamil, catat tanggal terjadinya bercak dan pada hari siklus mana Anda berada. Perhatikan beberapa siklus Anda berikutnya dan lihat apakah Anda melihat adanya bercak — perdarahan pertengahan siklus dapat menjadi tanda kondisi medis yang memerlukan diagnosis dokter, jadi pastikan untuk mengunjungi dokter kandungan Anda jika Anda melihat polanya.

5. Tinggi Suhu Basal

HIGH BASAL BODY TEMPERATURE

photo: Groove

Suhu basal adalah suhu tubuh saat baru bangun di pagi hari. Jika suhu basal mom lebih tinggi dari biasanya maka itu bisa jadi pertada kehamilan. Pada umumnya suhu basal akan tinggi saat ovulasi kemudian menurun secara bertahap hingga akhir dari siklus menstruasi Anda dimulai. Tetapi jika mom hamil, maka suhu basal akan tetap tinggi dan tidak menurun.

Mengapa itu terjadi?

Seperti gejala kehamilan lainya, hal ini disebabkan oleh hormon-hormon kehamilan. Jika Anda tidak hamil, kadar progesteron dan estrogen Anda akan berkurang, menandakan periode haid Anda dimulai. Tetapi jika sel telur dibuahi, yang terjadi adalah sebaliknya, hormon-hormon ini mulai meningkat dengan cepat. Suhu tubuh basal Anda akan mencerminkan kenaikan itu dan Anda tidak akan melihat penurunan suhu tubuh basal setelah ovulasi.

Apakah itu umum terjadi?

Hal ini tidak hanya umum, hal ini sangat alamiah! Progesteron dan estrogen adalah hormon yang menopang sehatnya kehamilan. Saat Anda hamil, suhu tubuh basal yang tinggi dan berkelanjutan adalah salah satu gejala kehamilan yang kemungkinan besar akan terjadi.

Apa yang harus Anda lakukan?

Ini adalah hal yang lumrah terjadi. Mom tidak perlu khawatir.

6. Merasa Sangat Lelah

lelah selama kehamilan

Photo: Parents Magazine

Gejala ini bisa menjadi salah satu gejala awal kehamilan sulit untuk ditangani. Saat hamil mom bukan saja merasa tidak bertenaga, tapi mom juga mungkin sulit untuk menjaga mata supaya tetap terbuka. Rasa kelelahan berlebihan  kemungkinan besar akan Anda rasakan selama trimester pertama kehamilan. Perasaan sangat lelah ini terjadi karena hormon-hormon kelahiran dan upaya tubuh untuk memelihara janin di rahim.

Mengapa itu terjadi?

Tubuh Anda bekerja keras untuk memastikan bayi memiliki semua yang ia butuhkan untuk berkembang selama sembilan bulan ke depan. Tubuh Anda memproduksi lebih banyak darah untuk membawa nutrisi ke bayi yang sedang tumbuh, sedangkan kadar gula darah serta tekanan darah Anda bisa menjadi lebih rendah. Jika faktor-faktor ini dikombinasikan dengan kadar hormon estrogen dan progesteron yang tinggi, hal ini dapat membuat Anda merasa sangat mengantuk.

Apakah itu umum terjadi?

Kelelahan berlebihan adalah gejala kehamilan yang umum selama trimester pertama dan hal ini tidak perlu mom khawatirkan.

Apa yang harus anda lakukan?

Jangan takut untuk istirahat sore. Semakin baik kondisi Anda, semakin baik pula kondisi bayi. Anda juga dapat memakan banyak sayur dan buah selama kehamilan supaya membantu Anda mengatasi kelelahan di trimester pertama.

7. Sering Buang Air Kecil

Hasil gambar untuk frequent urination in pregnancy

Photo: Babyinger

Buang air kecil lebih dari biasanya? Ini mungkin bukan salah satu dari tanda-tanda awal kehamilan yang bisa mom perhatikan, jika mom buang air kecil lebih sering dari biasanya mungkin hal ini adalah salah satu gejala kehamilan yang umum dan gejala ini cenderung terjadi sekitar dua hingga tiga minggu setelah pembuahan.

Mengapa itu terjadi?

Begitu sel telur ditanamkan ke dalam rahim Anda, hormon hCG akan meningkatkan produksi secara dramatis. Salah satu efek sampingnya adalah bisa membuat Anda harus menggunakan kamar kecil setiap lima menit sekali. Jika Anda menemukan ada garis pada sebuah alat tes kehamilan, garis itu menandakan banyaknya kadar hCG yang tinggi dalam urin dan fungsinya adalah untuk mendeteksi kehamilan, dan itulah cara Anda akan mendapatkan hasil positif pada tes kehamilan.

Apakah itu umum terjadi?

Setiap wanita hamil akan mengalami peningkatan kadar hCG, tetapi tidak semua orang menjadi lebih sering buang air kecil. Jika Anda mendapatkan gejala tersebut, tidak perlu khawatir, karena tingkat hCG yang tinggi adalah hal yang baik. Saat kehamilan berlanjut, bayi akan menjadi lebih besar dan memberikan tekanan lebih besar pada kandung kemih, jadi sebaiknya mom terbiasa bolak-balik ke kamar mandi.

Apa yang harus anda lakukan?

Jika Anda terus ke kamar kecil sepanjang malam, bukan berarti mom terlalu banyak minum, ambil tes kehamilan dan hubungi dokter Anda. Mungkin saja mom akan memiliki bayi!

8. Telat Datang Bulan

telat haid

Photo: CCRM

Saat mom berharap untuk meiliki anak, mom mungkin merasa was-was saat telat datang bulan. Bagaimanapun, ini adalah salah satu gejala awal kehamilan yang sering terjadi. Sementara itu keakuratan tes kehamilan semakin lama semakin meningkat, banyak alat tes kehamilan hari ini bahkan mampu mendeteksi kadar hCG lima hari sebelum menstruasi Anda seharusnya dimulai.

Mengapa itu terjadi?

Anda akan mendapat menstruasi setiap bulan saat sel telur tidak dibuahi. Sel telur yang memisah/pecah menyebabkan kadar hormon turun dan membuat tubuh Anda membuang lapisan rahim Anda. Jika Anda melewati menstruasi, itu pertanda baik, berarti ada bayi di rahim Anda.

Apakah itu umum terjadi?

Periode yang terlewat adalah salah satu dari gejala kehamilan yang dimiliki oleh semua wanita hamil. Tetapi tidak jarang pula wanita yang memiliki sedikit bercak di saat masa menstruasi terkait dengan implantasi telur yang telah dibuahi.

Apa yang harus anda lakukan?

Jika siklus Anda teratur, menstruasi yang terlambat adalah salah satu tanda awal kehamilan, jadi coba lakukan tes kehamilan (atau panggil dokter Anda) untuk mengkonfirmasi. Tes kehamilan akan membantu Anda mengetahuinya.

9. Morning Sickness

morning sickness

Photo: Washington Post

Mual dan muntah adalah gejala kehamilan yang sering terjadi sejak awal kehamilan. Kebanyakan wanita hamil mulai merasakanya sekitar minggu ke enam. Morning sickness bisa diartikan keliru bagi beberapa orang, yaitu hanya mual di pagi hari. Pada kenyatanna mual bisa muncul kapan saja.

Mengapa itu terjadi?

Peningkatan hormon hCG setelah implantasi menghasilkan gejala awal kehamilan seperti mual dan muntah. Mengapa beberapa wanita hamil bisa mual? Menurut Harney, hal itu ada hubungannya dengan reaksi kimia pada otak. “Pusat mual di otak beberapa orang lebih sensitif. Wanita yang menderita mual yang ekstrem selama kehamilan umumnya juga lebih mudah mabuk jalan. Namun, ini mungkin hanya sebagian dari cerita para wanita hamil, karena beberapa wanita lainnya bahkan mengalami mual di pagi hari pada salah satu kehamilan tetapi tidak pada kehamilan yang lainnya.

Apakah itu umum terjadi?

Para ahli bespekulasi bahwa dari 50-90% wanita hamil akan menderita mual di pagi hari, jadi jika Anda salah satunya, Anda akan baik-baik saja. Jika itu tidak cukup meyakinkan, tenanglah umumnya gejala awal kehamilan ini tidak akan melewati trimester pertama.

Apa yang harus Anda lakukan ?

Cobalah untuk tetap tenang. Yvonne Bohn, MD, seorang penulis pendamping The Ultimate Mommy Docs ‘Guide to Pregnancy and Birth, menyarankan bagi wanita hamil untuk sering makan dalam porsi kecil, memakan beberapa biskuit sebelum bangun dari tempat tidur, minum vitamin B6 atau B12 atau tablet jahe, dan minum teh atau minuman jahe. Tetapi jika Anda kehilangan berat badan yang signifikan atau tidak dapat menurunkan berat badan, Anda mungkin menderita masalah yang lebih serius (seperti Hiperemesis Gravidarum), berkonsultasilah dengan dokter.

10. Sensitif terhadap Bau

sensitif terhadap bau

Photo: What Woman Needs

Hidangan favorit Anda tiba-tiba seakan baunya seperti ikan mati. Terkadang memiliki penciuman yang yang tajam bukanlah suatu berkah. Sebagian besar aroma yang kuat akan terasa memuakkan bagi calon ibu.

Mengapa itu terjadi?

Tidak ada yang tahu alasan pasti mengapa wanita hamil memiliki indera penciuman yang kuat, seperti kebanyakan gejala kehamilan lainnya, sebagian besar dokter hanya mengaitkanya dengan peningkatan hormon kehamilan.

Apakah itu umum terjadi?

Gejala ini tidak terjadi pada semua orang, tetapi jika Anda dapat mencium aroma makan siang bos Anda dari ujung lorong, yakinlah, Anda tidak sendirian. Berita baiknya adalah, meskipun bisa menjadi salah satu gejala awal kehamilan yang menyebalkan, gejala ini cenderung mereda setelah trimester pertama.

Apa yang harus anda lakukan?

Jika gejala itu benar-benar mengganggu Anda, cobalah untuk menjauh dari hal-hal yang berbau menyengat. Sering-seringlah mencuci pakaian Anda (karena bau melekat pada serat), dan beralihlah ke pembersih dan perlengkapan mandi yang tidak diberi wewangian untuk mengurangi bau yang tidak sedap itu.

11. Ngidam

Ngidam

Photo: Toronto Star

Jika Anda mengharapkan makanan yang tidak biasa seperti asam, manis, pedas, asam dan cenderung tiba-tiba, kemungkinan Anda sedang mengidam makanan. Gejala ini biasanya terjadi di trimester pertama.

Mengapa itu terjadi?

Para ahli tidak yakin apa sebab wanita hamil mengalami gejala ini, tetapi beberapa diantaranya mengira mengidam hanyalah cara tubuh memberi tahu apa yang Anda dibutuhkan. Jadi jika Anda suka rujak, itu bisa berarti tubuh Anda membutuhkan sesuatu yang asin. Hal ini disebabkan karena hormon kehamilan (lagi) yang mengacaukan indra perasa dan penciuman Anda.

Apakah itu umum terjadi?

Ini adalah salah satu gejala kehamilan yang paling umum: Sekitar 90 persen calon ibu pasti mengidam sesuatu, jadi jika Anda memiliki keinginan untuk makanan Thailand dengan acar jelly, hal itu adalah hal yang lumrah.

Apa yang harus Anda lakukan?

Mengidam memang sama sekali tidak bisa dihindari, tetapi perhatikan asupan kalori Anda, terutama jika makanan tersebut mulai menggantikan nutrisi penting. Ada banyak camilan yang sehat yang akan memberi tubuh Anda nutrisi yang dibutuhkan.

12. Tidak Nafsu Makan

Tidak Nafsu makan

Photo: inviTRA

Salah satu tanda dari kehamilan adalah ketidaksukaan terhadap makanan tertentu selama awal kehamilan dan ini kebalikkan dari mengidam makanan.

Mengapa itu terjadi?

Tidak nafsu makan biasanya terjadi selama awal kehamilan, dikarenaka karea sensitifitas terhadap bau yang meningkat, dapat membuat otak Anda mengembangkan rasa tidak suka yang kuat terhadap makanan yang memicu mual. Banyak yang percaya bahwa penolakan makanan selama kehamilan adalah peringatan dari tubuh untuk menghindari makanan yang berbahaya, tubuh Anda secara naluriah tahu bahwa makanan tertentu, seperti ayam mentah memiliki potensi bahaya.

Apakah itu umum terjadi?

Sangat normal untuk tidak nafsu makan selama awal kehamilan. Seperti banyak gejala awal kehamilan lainnya, tidak nafsu makan akan mereda setelah trimester pertama.

Apa yang harus Anda lakukan?

Cara terbaik untuk menangani gejala ini adalah dengan menghindari makanan apa pun yang membuat mom merasa eneg.

13. Pembengkakkan

pregnancy BLOATING

Photo: ThePLab

Peningkatan hormon progesteron dan estrogen adalah salah satu gejala awal kehamilan yang umum, hal inilah yang menyebabkan tubuh wanita membengkak di awal kehamilan. Nyeri perut, kembung, dan bersendawa adalah suatu gejala kehamilan, kadang gejala-gejala ini bisa berlangsung bahkan selama sembilan bulan.

Mengapa itu terjadi?

Progesteron (salah satu hormon kehamilan) merelaksasikan jaringan otot polos di seluruh tubuh Anda, termasuk di saluran pencernaan Anda. Hal ini ni membuat usus Anda bekerja lebih lambat, memberi tubuh Anda lebih banyak waktu untuk mengambil nutrisi dari makanan Anda dan membawanya ke bayi.

Apakah itu umum terjadi?

Pertimbangkan gejala ini di antara gejala-gejala kehamilan yang lainnya, terutama pada awal kehamilan. The March of Dimes melaporkan bahwa hampir setiap calon ibu akan merasa kembung di beberapa titik selama kehamilannya (bahkan jika dia tidak merasakannya di awal).

Apa yang harus Anda lakukan?

Anda tidak suka merasa kembung? Cobalah jauhi makanan penyebab gas seperti makanan yang digoreng, permen, kol, dan kacang-kacangan. Makan dan minum perlahan dan pakailah pakaian longgar agar membuat Anda nyaman. Kelas yoga juga dapat membantu meredakan gejala ini. Jika gas yang Anda keluarkan benar-benar intens, bicarakan dengan dokter Anda sebelum minum obat.

14. Konstipasi

konstipasi kehamilan

Photo: BabyCenter

Sembelit bisa jadi merupakan tanda awal kehamilan.  Hal Ini mungkin ada hubungannya dengan masalah perut kembung.

Mengapa itu terjadi?

Ketika peningkatan kadar progesteron melemaskan jaringan otot polos, makanan mulai melewati usus Anda dengan lebih lambat, hal ini dapat menyebabkan pergerakan usus bergerak lebih lambat.

Apakah itu umum terjadi?

Seperti halnya kembung, sembelit adalah salah satu dari gejala kehamilan yang cukup umum, dan tidak hanya terjadi di trimester pertama, bahakan beberapa wanita mengalaminya selama sembilan bulan penuh.

Apa yang harus Anda lakukan?

Makanlah makanan yang kaya serat sebanyak mungkin dan perbanyaklah minum air. Selain itu, bicarakan dengan dokter tentang beralih ke vitamin prenatal yang berbeda, karena ada beberapa vitamin yang cenderung akan menyebabkan gejala sembelit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *