Bagaimana Cara Supaya Cepat Hamil ?

Setelah Anda membuat keputusan untuk mulai berkeluarga, Anda mungkin ingin segera memiliki buah hati. Jika itu masalahnya, maka mulailah merencanakan-nya sekarang. Karena kunci untuk cepat hamil bukan hanya tentang berhubungan seks pada waktu yang tepat tetapi juga tentang menciptakan lingkungan yang sempurna, sehingga ketika sperma bertemu sel telur, embrio yang sehat akan tumbuh menjadi bayi. Inilah panduan tentang bagaimana cara Anda agar hamil dengan cepat.

Langkah 1: Menjaga Gaya Hidup Sehat

Image result for exercise

Photo: Everyday Health

Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara meningkatkan peluang Anda untuk hamil dengan cepat, perawatan diri menjadi jawabannya. Bukan rahasia lagi bahwa tubuh Anda akan mengalami beberapa perubahan besar dan tantangan selama kehamilan dan persalinan, jadi pastikan untuk memulai sebuah program kehamilan dalam kondisi tubuh yang prima dengan gaya hidup sehat. Di sini, kami telah menguraikan beberapa kiat kesehatan sederhana agar dapat hamil.

Temui Dokter dan Dokter Gigi

Dokter kandungan dapat mengetahui tentang bagaimana kesehatan Anda secara keseluruhan dan menyarankan setiap perubahan gaya hidup yang diperlukan untuk membantu Anda agar hamil dengan cepat. Anda juga dapat mendiskusikan riwayat infertilitas keluarga dengan dokter, karena beberapa masalah kesuburan mungkin karena keturunan. Dan jangan lupa berkunjung ke dokter gigi ! Penyakit gusi telah dikaitkan berdampak pada kurangnya berat badan bayi dan prematur. Tidak hanya itu, kehamilan akan sangat sulit terjadi saat gigi dan gusi tidak dalam kondisi yang baik. Dokter gigi Anda dapat memastikan kebersihan apakah mulut Anda memiliki kondisi yang baik sebelum Anda hamil atau tidak.

Berolah raga

Sekarang adalah waktu yang tepat untuk membangun kebiasaan olahraga yang sehat demi mempersiapkan tubuh Anda untuk kehamilan. Bahkan berjalan kaki dengan santai setiap hari sudah cukup untuk meningkatkan detak jantung dan berkontribusi untuk kesehatan yang baik bagi Anda. Tetapi berhati-hatilah untuk tidak berlebihan: Penelitian telah menunjukkan bahwa olahraga ekstrem, terutama berolahraga hingga sangat kelelahan dapat mengacaukan siklus menstruasi Anda dan menyebabkan infertilitas.

Mulai minum vitamin prenatal

Tidak ada kata terlambat untuk mulai mengonsumsi vitamin prenatal. Di antara nutrisi penting lainnya, vitamin ini mengandung asam folat, yang menurut sejumlah penelitian sangat penting bagi bayi untuk setiap tahap perkembangannya. “Vitamin ini membantu meningkatkan ovulasi, mendorong pembuahan dan mendukung kelangsungan hidup awal embrio,” kata Audrey Gaskins, ScD, seorang instruktur nutrisi dan dietetika di Harvard Medical School. Bidan Anda dapat meresepkan vitamin prenatal atau bahkan menawarkan beberapa pilihan lainnya yang baik bagi Anda. Makanan seperti stroberi, bayam, kacang-kacangan dan jus jeruk juga tinggi akan folat secara alami.

Jangan Merokok

Merokok dapat memengaruhi peluang Anda untuk cepat hamil. Hal ni terkait dengan peningkatan risiko keguguran. “Perokok memiliki kadar estrogen yang secara signifikan lebih rendah dan dapat menurunkan kemungkinan ovulasi dalam siklus menstruasi tertentu, ini juga berpotensi memengaruhi kehamilan,” kata Gaskins. Pasangan Anda juga harus mulai berhenti merokok karena merokok dapat menurunkan kualitas dan kuantitas spermanya.

Perhatikan Konsumsi Kafein Anda

Anda tidak harus mengurangi kafein sepenuhnya, tetapi konsumsilah satu hingga dua cangkir atau 8 ons sehari, karena terlalu banyak kafein dapat menyebabkan masalah kesuburan.

Kurangi Alkohol

Meskipun segelas anggur tidak akan memengaruhi kesuburan, pertimbangkanlah untuk tidak minum alkohol saat Anda mencoba untuk hamil. Meskipun tidak ada jumlah alkohol yang ditetapkan aman untuk diminum saat hamil, dan karena Anda tidak akan tahu kapan Anda hamil, dokter menyarankan untuk tidak mengonsumsinya sama sekali.

Hindari Makanan Manis Dan Olahan

Cobalah makan makanan sehat yang kaya akan buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Diet sehat akan membantu meningkatkan kadar progesteron (hormon utama dalam menjaga kehamilan), mendukung ovulasi dan implantasi dini. Itu adalah tiga faktor penting dalam menentukan bagaimana agar dapat hamil.

Langkah 2: Hentikan Penggunaan Kontrasepsi

Image result for contraception

Photo: The Green Hub

Sudah jelas bahwa Anda harus berhenti menggunakan alat kontrasepsi untuk dapat hamil. Yang tidak begitu jelas adalah bahwa (tergantung bentuk kontrasepsi apa yang Anda gunakan) kesuburan tidak serta merta kembali begitu saja. Bagi wanita yang telah menggunakan hormon kontrasepsi, mungkin dibutuhkan waktu untuk tubuh Anda kembali normal.

“Terutama ketika wanita yang menggunakan kontrasepsi untuk waktu yang sangat lama, siklus mungkin tidak segera terjadi. Siklus mungkin tidak ada atau sangat tidak teratur selama sebulan atau lebih” kata Eric D. Levens, MD, seorang ahli endokrinologi reproduksi bersertifikat di Shady Grove Fertility Clinic. Biasanya dengan pil, “setelah sekitar enam hingga delapan minggu, Anda akan mulai melihat siklus Anda. Jika setelah 8 hingga 10 minggu Anda masih belum mendapatkan menstruasi, sebaiknya minta bantuan dokter untuk mencari tahu apa yang sedang terjadi”.

Langkah 3: Waktu Ovulasi

Image result for ovulation time

Photo: Verywell Family

Ketahuilah kapan Anda akan berovulasi, karena itu adalah waktu Anda yang paling subur, dan merupakan kunci cara agar cepat hamil. Memastikan waktunya memang mudah, tetapi untungnya ada beberapa cara untuk melacak ovulasi Anda.

Belajar Kapan Ovulasi Terjadi

Merupakan ide yang bagus untuk memahami dasar-dasar cara ovulasi bekerja sehingga Anda dapat memantau gejala pada tubuh. Umumnya orang mengira bahwa ovulasi selalu terjadi di hari ke 14 setelah menstruasi. Hal itu mungkin ada benarnya, tetapi itu hanya terjadi jika siklus menstruasi Anda konsisten dalam 28 hari.

Siklus setiap wanita berbeda. “Siklus rata-rata berkisar antara 24 hingga 35 hari, dan tidak bervariasi lebih dari tiga hingga empat hari pada bulan tertentu,” kata Levens. Hal ini tergantung pada berapa lama siklus Anda, ovulasi sebenarnya dapat terjadi antara 11 hingga 21 hari setelah hari pertama periode terakhir (atau bahkan lebih awal atau lebih lambat, jika Anda memiliki siklus yang sangat pendek atau panjang). Tetapi waktu ovulasi juga tergantung pada siklus wanita yang berbeda dari yang lainnya, semua wanita sehat akan mendapatkan menstruasi mereka sejak 12 hingga 14 hari setelah ovulasi.

Gunakan Kalkulator Ovulasi

Kalkulator ovulasi atau kesuburan dapat membantu Anda mengetahui cara cepat hamil dengan menentukan panjang siklus. Catatlah hari pertama haid Anda, selama beberapa bulan. Seiring waktu berjalan, Anda akan mulai melihat pola kapan menstruasi Anda biasanya dimulai dan kapan Anda akan mengalami ovulasi. Kesuburan Anda yang tertinggi adalah selama lima hari menjelang ovulasi dan 24 jam setelahnya. Untuk perhitungan yang cepat dan mudah, masukkan hari terakhir periode Anda dan lamanya siklus Anda ke dalam kalkulator ovulasi, kalkulator akan menghitung-nya dengan cepat dan Anda bisa mengetahui kapan Anda memiliki peluang tertinggi untuk hamil.

Kenali Gejala-Gejala Ovulasi

Sebuah aplikasi dapat menghitung angka-angka dan memberi Anda kemungkinan, tetapi salah satu cara paling sederhana untuk hamil adalah dengan mendengarkan tubuh Anda dan mengamati gejala-gejala ovulasi. Anda mungkin hanya memiliki satu, dua gejala ovulasi, atau Anda mungkin memiliki beberapa tAnda seperti berikut ini:

  • Bercak
  • Lendir serviks yang bening
  • Peningkatan libido
  • Sensitivitas dan nyeri payudara
  • Rasa, penglihatan, atau penciuman meningkat
  • Kembung
  • Perubahan kekencangan dan posisi serviks (akan terasa lebih lembut, lebih tinggi dan lebih terbuka)
  • Peningkatan mendadak dan berkelanjutan dalam suhu tubuh basal Anda

Tingkatkan Peluang Anda Dengan Tes Ovulasi

Meskipun mengenali gejala-gejala ovulasi membantu Anda lebih mengenal siklus Anda, ada kemungkinan bahwa saat Anda melihatnya, Anda mungkin sudah melewati waktu untuk hamil. Jadi, jika Anda mencari cara untuk hamil cepat, tes ovulasi dapat membantu. Alat prediksi ini dapat melacak ovulasi Anda dengan mengukur kadar hormon luteinizing (LH), hormon yang diproduksi oleh kelenjar hipofisis dalam urin Anda. Tubuh Anda selalu menciptakan LH, tetapi hanya dapat dihasilkan lebih dari 24 hingga 48 jam sebelum Anda berovulasi.

Untuk hasil terbaik, ikuti tes pada waktu yang sama setiap hari selama beberapa hari dan jangan minum atau buang air kecil dua jam sebelum pengujian. Biasanya, Anda akan meletakkan strip tes dalam air seni Anda, kemudian perhatikan hasilnya pada monitor digital. Warna tertentu akan muncul untuk menampilkan lonjakan LH. Ketika ini terjadi, itu berarti Anda akan segera berovulasi dan harus merencanakan untuk berhubungan seks. Perlu diingat bahwa tes ini tidak 100 persen akurat, karena mereka hanya menguji satu indikator ovulasi. Kondisi kesehatan tertentu seperti sindrom ovarium polikistik atau Sindrom Folikel Luteinized Unruptured Follicle dapat menyebabkan positif palsu, dan obat-obatan tertentu seperti estrogen dan progesteron (ditemukan dalam pil KB dan terapi penggantian hormon) dapat menurunkan kadar LH Anda.

Bagan Suhu Tubuh Basal Anda

Memetakan suhu tubuh basal (STB) adalah cara lain untuk mengetahui kapan Anda sedang berovulasi. Sementara saat non-ovulasi, suhu normal mencapai 35,5 – 37,2 derajat celcius, STB berubah sepanjang siklus, dan selama ovulasi mungkin lebih tinggi. Untuk melacak ST, cek suhu Anda setiap pagi sebelum bangun dari tempat tidur menggunakan terAndaeter khusus STB. Rekam STB Anda pada grafik selama beberapa bulan dan cari pola untuk muncul. Anda dapat mengasumsikan Anda telah mengalami ovulasi ketika Anda memiliki BBT yang sedikit lebih tinggi selama tiga hari atau lebih.

Langkah 4: Waktu yang Tepat Untuk Berhubungan Intim

Image result for couple

Photo: Relate Institute

Ketika Anda mencoba untuk hamil, hal itu memberi insentif untuk berhubungan sepanjang waktu. Tapi terkadang, sesuatu yang berlebihan bisa menjadi buruk. Para ahli mengatakan cara terbaik untuk hamil cepat adalah melakukan hubungan seks sekali sehari, setiap hari, selama masa subur Anda sebelum dan sesudah ovulasi. Jika Anda terlalu sering berhubungan seks, jumlah sperma pasangan Anda mungkin menurun, dan jika Anda tidak memiliki cukup waktu, sperma yang sudah tua mungkin tidak lagi bisa berenang dengan cepat.

Anda juga sebaiknya menghindari hal-hal berikut ini ketika mencoba untuk hamil:

Jangan Gunakan Pelumas

Pelumas mungkin membuat lebih nyaman, tetapi beberapa pelumas dapat membuat sperma mati sebelum mencapai sel telur. Cobalah pelumas yang “ramah sperma”, atau pertimbangkan minyak kanola. Atau, mungkin Anda hanya perlu meningkatkan foreplay untuk meningkatkan pelumasan alami.

Jangan Khawatir Tentang Posisi Seks Tertentu Untuk Hamil

Percaya atau tidak, penelitian belum menemukan posisi tertentu yang lebih baik dalam membantu wanita lebih cepat hamil, wanita dapat hamil di hampir semua posisi seks

Berapa Lama Untuk Hamil?

Kebanyakan pasangan sehat yang sering melakukan hubungan seks tanpa kondom akan hamil dalam setahun. Menurut sebuah penelitian, 38% kehamilan berhasil setelah satu bulan, 68% setelah tiga bulan, 81% setelah enam bulan dan 92% setelah 12 bulan. Meski begitu, terkadang Anda mungkin perlu bantuan untuk hamil.

Jika Anda berusia awal 30-an atau lebih muda, Anda dan pasangan sama-sama sehat, tidak apa-apa untuk secara aktif mencoba selama setahun tanpa menggunakan alat kontrasepsi sebelum berbicara dengan dokter spesialis. Lagipula, penting untuk diingat bahwa bahkan di puncak kesuburan, peluang untuk hamil di bulan tertentu hanya sekitar 1 banding 5.

Karena kesuburan menurun seiring bertambahnya usia, Anda mungkin ingin mendapatkan bantuan selama enam bulan jika Anda lebih dari 35. Beberapa penyebab infertilitas memburuk dari waktu ke waktu dan dengan menunggu, Anda mungkin mengurangi peluang sukses untuk kehamilan.

Kuncinya adalah jangan menyalahkan diri sendiri jika Anda tidak hamil. Infertilitas umum terjadi — satu dari delapan pasangan mengalami kesulitan hamil atau mempertahankan kehamilan. Jangan menganggap diri Anda sebagai masalahnya; kesulitan untuk hamil dapat dikaitkan dengan wanita, pria atau kombinasi beberapa faktor yang ada. Jika berusaha hamil membuat stres, cobalah hubungi teman atau anggota keluarga yang Anda percaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *