Ragam Vitamin yang Mom Butuhkan Saat Program Kehamilan

Apakah Mom pernah bertanya-tanya vitamin apa yang harus Mom dapatkan sekarang karena Mom sedang berusaha untuk hamil ? Ada beberapa hal. Menurut Natalie Burger, MD, spesialis kesuburan di Texas Fertility Center, nutrisi yang baik dapat membantu Mom yang sedang dalam masa kehamilan dan mempersiapkan tubuh Mom untuk sang buah hati. Berikut adalah macam vitamin yang harus Mom konsumsi:

Zinc

Mom dan pasangan harus mendapatkan banyak nutrisi zinc. Nutrisi ini berkontribusi dalam ovulasi, kesuburan pada wanita, dan juga produksi sperma dan testosteron pada pria, menurut American Pregnancy Association menyatakan bahwa kekurangan zinc dapat menimbulkan gangguan produksi sperma. Kantor Suplemen Makanan di National Institutes of Health merekomendasikan agar seorang pria harus menerima asupan harian nutrisi zinc sebesar 11 mg, sedangkan wanita harus mengkonsumsi sebesar 8 mg. Salah satu makanan kaya zinc adalah ragam jenis biji-bijian dan kacang-kacangan

Asam Folat

The American Pregnancy Association merekomendasikan wanita untuk mengkonsumsi sekitar 400 mikrogram asam folat dalam sehari. Asam folat adalah vitamin B-kompleks yang digunakan oleh tubuh untuk membuat sel darah merah. Vitamin ini membuat asupan darah ekstra untuk tubuh Mom selama kehamilan dan mengurangi kemungkinan cacat tabung saraf (masalah pada sumsum tulang belakang bayi). Asam folat adalah bentuk sintetis dari vitamin ini, sedangkan folat adalah bentuk alami; keduanya boleh digunakan. Karena tabung saraf pada bayi berkembang pada beberapa minggu pertama kehamilan, hal itu penting untuk dipersiapkan. “Zinc dan folat penting dalam sintesis DNA dan RNA,” kata Burger. “Suplementasi zinc dan folat juga bermanfaat bagi beberapa kasus infertilitas bagi pria.” Mom bisa mendapatkan asupan asam folat harian dari buah jeruk, biji-bijian dan sayuran hijau.

Vitamin

Jika Mom sudah mengkonsumsi multivitamin maka Mom dalam kondisi yang baik. “Dalam sebuah penelitian besar yang diikuti lebih dari 18.000 wanita yang berusaha untuk program kehamilan, para peneliti menemukan hubungan antara konsumsi suplemen multivitamin dan kemungkinan memiliki masalah ovulasi yang lebih rendah,” kata Burger. Vitamin secara alami juga bisa didapatkan dari mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan.

Omega 3

Asam lemak esensial ini dapat ditemukan dalam minyak nabati atau minyak kacang. Jika Mom sedang menjalani perawatan IVF. Tubuh Mom tidak dapat membuat asam lemak omega 3; Mom harus mendapatkannya melalui makanan. “Peningkatan asupan omega 3 berkaitan dengan peningkatan kualitas embrio dalam studi IVF yang dilakukan di Belmom,” kata Burger.

Zat Besi

Mulailah menambah jumlah zat besi ke dalam diet Mom sekarang. Asupan zat besi yang direkomendasikan pada wanita adalah 18 mg sehari, tetapi bagi wanita hamil membutuhkan sekitar 27 mg setiap harinya. Zat besi digunakan untuk membuat hemoglobin, sebuah komponen pembawa oksigen dari sel darah merah. Jika tubuh Mom tidak memiliki cukup zat besi, jaringan dan organ tubuh Mom tidak akan mendapatkan oksigen yang mereka butuhkan untuk berfungsi dengan baik. Mom bisa mendapatkan jumlah zat besi ini dalam multivitamin Mom, tetapi Mom juga bisa menemukan zat besi dalam berbagai makanan seperti tahu dan sayuran bewarna hijau gelap.

Kalsium

Para ahli nutrisi merekomendasikan bahwa wanita yang ingin hamil harus mengkonsumsi kalsium sekitar 1.000 mg sehari, karena ketika Mom hamil, bayi Mom yang sedang tumbuh tentunya akan membutuhkan kalsium. Sebenarnya, itu juga direkomendasikan untuk semua orang dewasa yang berusia antara 19-50 tahun, karena mengkonsumsi kalsium dalam jumlah banyak adalah untuk membentuk tulang yang kuat dan mencegah osteoporosis. Sayuran bewarna hijau banyak mengandung kalsium. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran.

Vitamin B6

Konsumsilah vitamin ini untuk mencegah masalah selama kehamilan. Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi setidaknya 10 mg vitamin B6 sebelum mereka hamil melapor mengalami lebih sedikit rasa mual dibandingkan mereka yang tidak.

 

Berikan ini ke pasangan

Selain zinc dan CoQ10, pria yang mencoba untuk melakukan program kehamilan juga dapat mengambil vitamin berikut untuk meningkatkan kesuburan mereka:

Antioksidan

Mengkonsumsi suplemen ini seperti vitamin C dan vitamin E karena dapat membantu kesuburan. Mom bisa mengkonsumsi vitamin ini dalam bentuk pil atau mengkonsumsi makanan seperti jeruk dan stroberi (untuk vitamin C) dan almond atau biji bunga matahari (untuk vitamin E). Namun direkomendasikan mengkonsumsinya langsung dari makanan alami, alih-aluh mengkonsumsi dalam bentuk pil

L-karnitin

“Ini adalah zat yang berfungsi sebagai sumber energi untuk sperma dan memainkan peran penting dalam pematangan dan metabolisme sperma,” kata Burger. “Penambahan L-carnitine dapat meningkatkan motilitas sperma pada beberapa kasus infertilitas pada pria.” Mom bisa mendapatkan L-carnitine dalam bentuk suplemen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *